Prosedur Pelayanan
  1. Pemohon datang ke Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir.
  2. Pengguna layanan perizinan atau pemohon mempunyai hak mendapatkan informasi dan penjelasan dari BPMPT melalui petugas pelayanan perizinan di loket yang telah disediakan.
  3. Pengguna layanan perizinan atau pemohon mengisi formulir dan melengkapi persyaratan yang ditentukan dan diserahkan kepada petugas yang telah disediakan.
  4. Petugas yang diunjuk pada loket yang telah ditentukan menerima permohonan setelah syarat-syarat dilengkapi berdasarkan ketentuan yang ditentukan, dan memberikan resi tanda terima berkas permohonan kepada pengguna pelayanan perizinan/pemohon.
  5. Berkas kelengkapan dari pengguna layanan perizinan/pemohon menjadi kewajiban petugas yang telah ditunjuk BPMPT untuk segera diteliti, diperiksa kebenarannya dan dinyatakan sah atau tidaknya berkas yang diajukan oleh pengguna layanan perizinan/pemohon.
  6. Dalam sah berkas persyaratan yang diajukan oleh pemohon dinyatakan satu, petugas segera menindaklanjuti proses pelayanan perizinan bersama dengan tim teknis atau petugas yang telah ditunjukuntuk melakukan pemeriksaan lapangan.
  7. Petugas yang ditunjuk dan/atau tim teknis terkait berkewajiban dengan segera membuat rekomendasi perizinan untuk kepastian dikeluarkannya izin atau tidak dikeluarkannya izin.
  8. Petugas yang ditentukan berdasarkan rekomendasi perizinan berkewajiban melaksanakan administrasi perizinan dan selanjutnya mencetak naskah/surat perizinan dan SKRD sesuai besaran biaya yang ditetapkan Peraturan Daerah.
  9. Dalam hal administrasi dan pencetakan perizinan telah selesai dilakukan, pemohon atau pengguna pelayanan perizinan menghubungi loket yang telah ditentukan untuk mendapatkan informasi besaran retribusi. 1
  10. Besaran retribusi yang telah ditetapkan menjadi kewajiban untuk dibayar oleh pengguna layanan perizinan/pemohon pada loket yang telah ditentukan.
  11. Pemohon atau Pengguna pelayanan perizinan berhak untuk mendapatkan informasi dan penjelasan secara rinci mengenai layanan perizinan, pengisian formulir, syarat-syarat yang harus dipenuhi, alur loket, pemeriksaan lapangan, besaran retribusi sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah dan tata cara pengaduan dalam hal pemohon dirugikan.
 
blank blank blank

Peta Kabupaten Samosir

Alamat Kantor BPMPT

Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir
   
Address:
Jl. Raya Rianiate Km. 5,5
Pangururan
Sumatera Utara
22392
Indonesia

Telephone: (0626) 20121
Fax: (0626) 20121
  http://www.samosirkab.go.id/bpmpt
e-mail
bpmpt@samosirkab.go.id