Senin 28 Juli 2014

KARTU KELUARGA

Attention, open in a new window. PDFCetakEmail
Untitled Document

PEMERINTAH KABUPATEN SAMOSIR MENERAPKAN LAYANAN KK GRATIS

SESUAI DENGAN PERDA NOMOR 2 TAHUN 2009

PROSEDUR PENGURUSAN KARTU KELUARGA (KK)

a. Syarat-syarat yang diperlukan


a.1. Surat Pengantar dari kepala desa/lurah


a.2. Blanko/data isian kartu keluarga


a.3. Formulir dengan kode F-1.06 untuk permohonan KK baru atau KK untuk penduduk yang pindah dan tinggal bersama keluarga lain di daerah tujuan atau penduduk yang ditinggal pindah oleh kepala keluarga


a.4. Kartu Keluarga yang lama bagi yang melakukan perubahan


a.5. Kartu Tanda Penduduk dari tempat asal


a.6. Surat Keterangan Pindah dari desa/kelurahan asal bagi yang pindah


a.7. Fotokopi akta perkawinan/surat nikat/akta perceraian


a.8. Fotokopi akta kelahiran


a.9. Fotokopi akta pengangkatan anak


a.10. Fotokopi Surat Keterangan Ganti Nama bila telah ganti nama


a.11. Surat Keterangan Pendaftaran Penduduk bagi orang asing


a.12. Surat Keterangan Tempat Tinggal bagi orang asing

b. Besarnya biaya retribusi (sesuai PERDA No.2 thn 2009)


b.1 WNI : GRATIS


b.2 Orang asing (bukan WNI) : Rp. 20.000,-

c. Lama waktu penyelesaian 2 (dua) hari

d. Prosedur :


1. Pemohon datang ke kantor kepala desa/lurah setempat dengan membawa berkas persyaratan yang telah ditentukan beserta dokumen asli


2. Petugas mengecek berkas yang bersangkutan dan memberikan blanko/data isian KK serta memberikan informasi tentang persyaratan masa berlaku dan mekanisme pengisian blanko


3.
Pemohon mengisi blanko/data isian KK formulir F-1.06 yang telah disediakan di desa/kelurahan masing-masing sesuai dengan tempat tinggalnya.


4. Pemohon membawa blanko/data isian KK dan persyaratan lainnya untuk ditandatangani


5. Apabila berkas belum lengkap maka petugas mengembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi


6. Setelah berkas ditandatangani kepala desa/lurah, petugas mencatat dalam buku induk penduduk dan menyerahkan kembali kepada pemohon dan dokumen aslinya


7. Pemohon mendatangi kantor kecamatan dengan membawa berkas lengkap beserta dokumen asli


8. Petugas Kecamatan menerima dan meneliti berkas dan memberikan informasi kepada pemohon tentang masa berlaku dan lamanya selesai


9. Petugas menyerahkan berkas pemohon kepada Petugas Seksi Pemerintahan pada kecamatan untuk diproses lebih lanjut


10. Petugas Seksi Pemerintahan pada kecamatan meneliti dan mencatat data pemohon dalam Buku Permohonan KK


11. Petugas Seksi Pemerintahan pada kecamatan memproses surat pengantar untuk ditandatangani oleh camat


12. Setelah ditandatangani, petugas seksi pemerintahan pada kecamatan menyerahkan surat pengantar KK kepada pemohon untuk selanjutnya pemohon mengurus KK ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.


13. Pemohon mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Samosir dan mendaftarkan serta memberikan berkas permohonan sesuai persyaratan yang berlaku kepada petugas pendaftaran;


14. Petugas pendaftaran meneliti dan memeriksa berkas permohonan KK, apabila lengkap berkas persyaratannya, petugas membukukan kedalam administrasi KK; dan bila tidak lengkap berkas dan persyaratannya, petugas pendaftaran mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon untuk dapat dilengkapi berkas persyaratan pengurusan KK;


15. Petugas pendaftaran menyerahkan berkas permohonan KK pemohon kepada kepala seksi dan kepala bidang untuk diperiksa kebenaran berkasnya dan selanjutnya mendisposisikan untuk diproses oleh petugas operator


16. Petugas menyerahkan berkas permohonan KK kepada petugas operator, selanjunya petugas operator memproses/mencari/menampilkan data pemohon KK, apabila data pemohon ada/lengkap dalam database kependudukan, petugas operator merekam data kedalam KK untuk proses pencetakan KK; dan bila tidak lengkap/tidak ada data pemohon dalam database kependudukan, petugas operator mengembalikan berkas permohonan kepada pemohon untuk melengkapi data-data keluarga pemohon dalam formulir F.1-01;


17. Petugas operator mencetak KK pemohon, KK yang telah dicetak diberkaskan dengan berkas permohonan pemohon dan selanjutnya petugas operator menyampaikan KK bersama dengan berkas permohonan pemohon kepada petugas pelayanan dan pencatatan registrasi untuk proses penandatanganan KK oleh pemohon dan Kepala Dinas, selanjutnya petugas pelayanan dan pencatatan registrasi menstempel KK yang ditandatangani Kadis serta mencatat penomoran, tanggal dan data pemohon ke dalam buku administrasi KK;


18. Petugas pelayanan menyerahkan KK kepada pemohon






“BERSAMA ANDA PELAYANAN KAMI PRIMA”


GRAND STRATEGI

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

PENDAPAT ANDA

Prioritas Pembangunan yang harus segera dilakukan di Kabupaten Samosir adalah...?






Hasil

HITS

Website counter