Kamis 24 Juli 2014
skpd

Pengumuman

PENJELASAN DAN JAWABAN BUPATI SAMOSIR ATAS BUKU TAMU WEBSITE http//www.samosirkab.go.id

01 Maret s/d 19 Maret 2009

I. Bachtiar Situmorang (Putra Lottung)

           Terima Kasih saudara Situmorang atas saran pendapatnya, khususnya penilaian Website Kabupaten Samosir. Kemudian kami sangat setuju atas pembuatan website Oppusatorunggal, semoga sukses dalam bertukar informasi dengan sesama, untuk peta wilayah Kabupaten Samosir sampai ke desa akan kita tayangkan di website Pemkab Samosir dalam waktu dekat. Mauliate

Dalam waktu dekat mei 2009, website samosirkab.go.id akan menyediakan fasilitas GIS yaitu peta lokasi tujuan wisata, jalan/akses ke Samosir, Galery Industri kecil yang menunjang pariwisata, hotel-hotel, travel dan lain-lain, termasuk banner website Pemkab Samosir di di LKBN ANTARA SUMUT, sehingga info Samosir dapat diakses melalui website LKBN ANTARA. Horas..!!!!

II. Pak Paken Pandiangan, Ssi, M.Si (Dosen Universitas terbuka Batam)

            Wilayah Propinsi Kepulauan Riau, Malasya, Singapura, dan Brunei Darussalam. Terimakasih atas saran-saran saudara tentang kemajuan pembangunan di Kabupaten Samosir, mudah-mudahan prestasi anda sebagai dosen dapat membantu Kabupaten Samosir kedepan menuju visi dan misi Samosir. Saran dan pendapat saudara akan kami jelaskan sebagai berikut:

1. Selanjutnya Bidang Pendidikan

Rencana untuk ajang uji para siswa di Kabupaten Samosir untuk masuk Perguruan Tinggi (PT) dari Pak Wardiman, kami sampaikan agar rencana rekan-rekan perlu disampaikan kepada Pemkab Samosir melalui Kepala Dinas Pendidikan (Jabiat Sagala) sehingga kita tahu peranan Pemkab Samosir sejauh mana demi suksesnya anak-anak didik Samosir ke Perguruan Tinggi. Kedepan ujian on-line cukup efektif menggunakan ICT dan akan diprogramkan melalui pemasangan fasilitas internet di sekolah SMU, melalui kerjasama dengan pengelola telekomunikasi.

2. Tanggapan Kabupaten Samosir menjadi Singapura Indonesia, kami sangat berterima kasih atas ungkapan tersebut, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan pendapat bapak terus-menerus termasuk bahasan detail untuk menggapai impian itu. Selanjutnya kualitas SDM, budaya kerja, pola pikir pejabat Pemkab Samosir kita akui masih belum sepenuhnya sesuai dengan yang kita harapkan. Mengubah hidup melalui pendidikan yang diterapkan di Singapura, usul saudara untuk study banding ke Singapura dan Batam merupakan saran yang baik. Dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Samosir, masalah program beasiswa pendidikan ke S1, kita telah laksanakan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah. Fasilaitas Internet pada saat ini telah difasilitasi untuk layanan umum masyarakat di beberapa kecamatan, mengingat jaringan komunikasi masih terbatas. Kami sangat berterima kasih atas saran saudara khususnya penyedia fasilitas internet bagi siswa dan guru sebagai perpustakaan on-line.

3. Masalah ketersediaan SDM Pemerintah dan perlunya fit and profertest bagi pejabat, perlu kami jelaskan bahwa SDM Pemeriantah Kab. Samosir masih kurang terutama untuk pejabat eselon III dan IV bahkan eselon II. Kita sudah himbau sejak berdirinya Kab. Samosir agar para Putra Samosir yang bekerja PNS diluar Samosir mau pulang membangun Samosir, namun minat para perantau PNS atau pejabat diluar Samosir masih sedikit sehingga masih banyak Job yang ada belum terisi. Terus terang untuk fit and profertest bagi pejabat eselon II, karena SDM terbatas maka kita ambil langkah-langkah melalui paparan Renja bagi para pejabat eselon II, dan terus-menerus kita nilai dari track recordnya serta melakukan mutasi pejabat sesuai dengan kompetensinya.

4. Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa Saudara berhasil menjalin pimpinan UT di Batam. Dalam kesempatan ini kami sampaikan terima kasih atas kesediaan saudara memfasilitsi Perguruan Tinggi di Samosir sekaligus bantuan pihak ke-3 untuk operasionalnya. . Untuk itu kami undang saudara untuk audiensi dengan Pemkab Samosir menyangkut hal-hal teknis untuk pendirian Perguruan Tinggi (PT) dimaksud.

III. Prisco Silalahi

            Horas .!!!!!

Kami ucapkan terima kasih atas aspirasi saudara ke Samosir, himbauan saudara untuk merawat dan menjaga kelestarian tanah leluhur Batak. Kami dari Pemkab Samosir terus berupaya untuk melestarikannya, Pemkab Samosir kini membuat program Pro Rakyatâ yaitu berupaya untuk turun ke lapangan untuk memventarisir permasalahan di masyarakat khususnya dibidang pertanian dalam arti luas seperti bantuan bibit, handtractor, pupuk bersubsidi dan pasar hasil pertanian. Dibidang penataan wisata, kita akan rancang bagaimana peran tokoh masyarakat di Bona Pasogit dan perantau melalui pembuatan perda yang mengatur tanah wilayat/leluhur dan blue print peruntukan penggunaan lahan dan grand strategi sehingga penggunaan tanah untuk pembangunan Samosir dapat terlaksana, karena selama ini permasalahan tersebut sering muncul.

IV. MK. Simbolon, SH

Terima kasih atas pendapat saudara tentang inventarisasi potensi pedesaan, kecamatan. Perlu kami jelaskan inventarisasi potensi sudah dibuat (CD nya telah dibuat, nanti kita kirim kepada bapak) termasuk infrastruktur yang akan dan sudah dibangun seperti Tele, mengingat kawasan Danau Toba dimiliki 7 Kabupaten sehingga pembangunan fasilitas terkait Daerah Kabupaten masing-masing, untuk itu kita terus meningkatkan koordinasi.

V. Viktor Ambarita

Terima kasih atas usul saudara mengenai pembentukan koperasi untuk membantu modal masyarakat, kami sampaikan bahwa sekarang dengan program pemerintah kita telah support dana pendamping melalui APBD program PNPM dan KUR.

Mengingat kondisi masyarakat Samosir, kita juga terus luncurkan program pro rakyat berupa bantuan melalui kelompok tani di seluruh desa/kecamatan.

VI. T. Naibaho

Terima kasih pak Naibaho atas supportnya, untuk pembangunan infrastruktur jalan sudah terus kita kembangkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

VII. Putra H. Siregar

Terima kasih atas pertanyaan saudara, berikut kami jelaskan

1. Visi dan misi Samosir menjadi kabupaten pariwisata tahun 2010, untuk aqua farm sudah diadakan penelitian bahwa limbah aqua farm belum membahayakan ekosistim Danau Toba dan akan diadakan koordinasi dengan Pemprov. Sumut melalui BAPEDALDA Sumut.

2. Untuk Rasisme kita sudah adakan penelitian kompetensi personal/pejabat, penempatannya bukan masalah marga tapi kemampuan.

3. Untuk beasiswa bagi para siswa yang berasal dari Samosir sudah dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dana Pemerintah Daerah.

4. Sesuai kondisi jalan di Samosir terutama ke dolok Samosir perlu mobil operasional ketika Bupati harus turun ke lapangan meninjau kebutuhan dan pembangunan pro rakyat.

5. Tim Audiator menurut peraturan adalah lembaga yang dihunjuk pemerintah. Seperti Inspektorat, BPK, BPKP, Kejaksaan dan Kepolisian.

6. Bekerja dengan tulus,, sepenuh hati dan berdoa, kita udah terus himbau bahkan setiap Jumat sekali sebulan dibuat acara kebaktian bagi seluruh pegawai Pemkab Samosir.

VIII. Sisuar sair

Betul saran Sisuar sair, kita dengan hati nurani berkeinginan untuk bebas, sandang, pangan yang merata dan berkeadilan namun karena keterbatasan dana dan banyak kebutuhan mendesak sehingga kita arahkan bertahap dengan program  Pro Rakyat. Thanks.

IX. Terima kasih pak, samosirkab.go.id betul sebagai partukkoan parsamosir, info samosirkab.go.id terus menerus kami update terutama berita bona pasogit, kita rencanakan website kita memuat lebih banyak lagi info sehingga diakses banyak orang , Samosir milik dunia, Budaya batak kita gali pada aslinya sebagai leluhur asli batak.

X. Bejobolon

Terima kasih sarannya, kita rapatkan barisan dan kita imbau seluruh masyarakat Samosir dimana berada, mohon saran pendapat dan mari rame-rame membangun Bona Pasogit, Marsipature Hutanabe.

XI. Risma Situngkir

1. Masalah Pemilu 2009 dengan dugaan negative (Black compaign) merupakan tugas Panwaslu dan KPU yang independent, Pemkab hanya mensupport.

2. Lake Toba Paragliding Internasional Competition dan Lake Toba Ecotourism Sport V tahun 2009 sebagai salah satu upaya mendongkrak kunjungan wisata, tentu Pemkab akan mempublikasikan secara nasional dan International bekerjasama dengan travel biro perjalanan, media dan lain-lain. Kami tunggu saran dan pendapat Ibu selanjutnya..!!!

XII. Kaston Sinaga

1. Pendapat dan usul saudara “Samosir menjadi Singapore Indonesia dan hal ini sudah ditanggapi pak Paken Pandiangan. Mari sama-sama kita beri usul pendapat dan partisipasi membangun Samosir yang lebih konkrit.

2. Rumor Pemkab Samosir dibanjiri marga Simbolon (Nepotisme). Hal itu tidak benar, beberapa marga Simbolon sebagai pejabat Samosir sesuai kompetensi PNS masing-masing.

XIII. Risma Gultom

Terima kasih bu Risma atas kesediaannya berbagi ide dengan Pemak Samosir khususnya website Kab. Samosir. Kami bangga saudari tak lupa bona pasogit. Kami akan terus memperbaiki website samosirkab.go.id kedepan

1. Untuk Audovisual, jual beli on-line, pemasaran produk unggulan Samosir dan berita berbagai kegiatan pembangunan sedang kita siapkan pada menu-menu website (dalam proses pengerjaan) diperkirakan 1 Mei 2009 sudah tersedia.

2. Untuk info pemilu caleg sesuai dengan aturan bahwa pemerintah harus netral, jadi kita tidak publikasikan tentang caleg, namun tahapan pelaksanaan pemilu legeslatif telah kita publikasikan melalui berita web yang terus diupdate setiap hari, silahkan anda akses.

3. Publik Bupati menjawab sudah kita aktifkan melalui menu buku tamu

4. Untuk publikasi Samosir khusus kepada masyarakat Samosir dan perantau, kita akan menerbitkan majalah/bulletin tentang info Samosir, direncanakan 1 Mei akan dilaunching yang diterbitkan Humas Pemkab Samosir. Silahkan bergabung dengan memberi saran dan pendapat demi memajukan Samosir yang kita cintai ini.

Pangururan, Maret 2009

KEPALA BAGIAN HUMAS

SEKRETARIAT DAERAH KAB. SAMOSIR

TUMPAL MALAU, SE, M.Si

PEMBINA

010 232 527

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter