Jumat 18 April 2014
skpd

Festival Lomba Cipta Lagu Batak Irama Rumba Kabupaten Samosir

Untuk melestarikan kesenian terutama dalam mencipta lagu batak pemerintah kabupaten samosir melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Samosir menggelar lomba cipta lagu batak yang juga sekaligus menjadi rangkaian acara Horas Samosir Fiesta 2011 di aula A.E. manihuruk (29/06).

Lomba cipta lagu batak tersebut  dibuka lansung oleh Bupati Samsoir yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Samosir Drs. Ombang Siboro, Msi, yang diikuti 23 yang dimana beberapa peserta berasal dari luar Samosir . Turut hadir dalam acara lomba Tersebut, Asisten III Administrasi Umum Hotmaryani Simbolon, SH, M.Kn, Kepala SKPD Kab. Samosir, Dewan Juri, Para camat dan Mayarakat yang hadir dalam Lomba tersebut.

Dalam Sambutan dan arahan Bupati Samosir yang disampaikan Asisten Pemerintahan Drs. Ombang Siboro mengatakan, sangat menyambut baik kegiatan ini karena, merupakan dari peran kita sebagai masyarakat batak khususnya dalam melesatarikan kebudayaan dalam seni cipta lagu batak toba sehingga dapat mendukung visi Samosir menjadi Kabupaten Pariwisata Yang Inovatif Lingkungan 2015.

Disamping itu juga beliau juga memaparkan secara singkat mengenai profil Kabupaten Samosir yang baru saja berusia tujuh tahun dari pemekaran Toba Samosir. Samosir juga menyimpan banyak lokasi wisata yang dimana saat ini pemerintah melalui Dinas Pariwisata sedang menggali untuk dikembangkan agar menjadi tujuan objek wisata yang banyak diminati.  Disisi lain juga samosir juga memiliki terusan yaitu tersusan tano ponggol yang panjangnya + 900 m yang dimana sekarang masih dalam penataan sehingga kedepan terusan tersebut dapat masuk menjadi terusan ketiga di dunia. Jadi kepada para peserta yang berasal dari luar samosir usai mengikuti lomba ini nantinya dapat menikmati keindahan panorama alam danau toba dan tempat objek wisata lainnya.

Diakhir sambutannya, kepada para peserta nantinya dapat menunjukan kemampuan dan menjaga sprotifitas dalam jalannya lomba cipta lagu batak ini, dan apapun nantinya keputusan dari dewan juri harus dapat menerima dengan lapang dada karena dalam lomba ini dewan jurilah yang menetukan yang baik dari yang terbaik. Kepada dewan juri juga diharapkan dapat memberikan netralitas dalam memberikan penilaian kepada peserta.

Dalam kesempatan tersebut juga langsung diumumkan hasil lomba oleh dewan juri. Adapun kelaur sebagai pemenang lomba adalah sebagi berikut :

Juara I diraih oleh SHD. Hutabarat dari kabupaten Taput, Juara II diraih Charles malau dari kabupaten Samosir, Juara III diraih Drs. Kayan Nainggolan dari Provinsi Jambi, Juara IV diraih Dompak Sinaga dari Kabupaten Humbahas, Juara V Swanto Manik dari Kabupaten Samosir, Juara VI  M. Simanungkalit dari kabupaten Taput.(Joni/Humas)

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter