Selasa 22 Juli 2014
skpd

BEDAH BUKU STATISTIK DAERAH

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Samosir menggelar Bedah Buku Statistik Daerah di Hotel Dainang Pangururan, Kamis (27/10). Acara Bedah Buku dibuka secara resmi Bupati Samosir yang diwakili oleh Plt. Sekretaris Daerah Ir. Hatorangan Simarmata, turut hadir Staf Ahli Bupati dan para Pimpinan SKPD.

 

Plt. Sekda Ir. Hatorangan Simarmata dalam sambutannya mengatakan bahwa data statistik yang lengkap, akurat dan mutakhir sangat dibutuhkan dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan secara sistematis, menyeluruh dan terpadu serta merupakan bahan yang sangat berguna dalam evaluasi terhadap hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai.

Dalam rangka pembangunan suatu basis data yang baik, Pemerintah Kabupaten Samosir setiap tahunnya melakukan kerjasama operasional dengan kantor BPS Kabupaten Samosir untuk menyusun data statistik daerah yang pada tahun 2011 meliputi 8 buku statistik yaitu Samosir dalam angka, Indikator Makro Ekonomi, PDRB lapangan Usaha, Inkesra, IPM, IKK, gini Ratio dan Indeks nilai tukar.

Lebih lanjut beliau menghimbau kepada seluruh pimpinan SKPD agar berperan aktif melakukan koreksi dan perbaikan data yang dipaparkan tim BPS, karena sumber data yang dipaparkan BPS adalah dari SKPD masing-masing sehingga data yang disajikan dalam buku statistik daerah Kabupaten Samosir adalah merupakan tanggung jawab bersama sehingga tercapai prinsip pembangunan yang baik dimulai dari perencanaan yang baik dengan dukungan data dan informasi statistik yang baik.

Plh. Bappeda Hotraja Sitanggang, ST dalam laporannya mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya Bedah Buku Statistik untuk menjaring saran dan masukan dari berbagai pihak guna penyempurnaan draft data statistik daerah Kabupaten Samosir sehingga mendapatkan data statistik Daerah kabupaten samosir yang akurat dan berkualitas.(Humas/Baho)

 

 

 

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter