Minggu 20 April 2014
skpd

Bupati Samosir Buka Sosialisasi Uji Publik 5 Ranperda


Humas Samosir

Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon membuka Kegiatan Sosialisasi Uji Publik 5 Rancangan Perarturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Samosir  di aula AE Manihuruk, Kecamatan Pangururan (05/06).  Adapun jumlah peserta yang mengikuti Sosialisasi Uji Publik Rancangan Perarturan Daerah sebanyak 140 Orang yang terdiri dari para Kepala Desa, Sekdes dan Tokoh Masyarakat dari tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Ronggur Nihuta, Simanindo dan Kecamatan Pangururan.

Kegiatan uji publik rancangan peraturan daerah dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 4 s/d di tempat yang berbeda. Namun pada hari pertama pada tanggal 4 Juni  2012 juga telah dilaksanakan sosialisasi,  khusus uji publik draft ranperda tentang sistem penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Samosir dengan peserta yang diundang terdiri dari komite sekolah, kepala sekolah negeri dan swasta, ketua dewan pendidikan, dan ketua yayasan pendidikan swasta dengan jumlah peserta 100 orang,

Adapun Ranperda yang akan ujikan adalah, Ranperda Tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Ranperda Tentang Pengelolaan Sampah, Ranperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Samosir Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, dan Ranperda Tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan, Taman dan Penomoran Bangunan di wilayah Kabupaten Samosir dan Tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Samosir.

Asisten I Pemerintahan yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan Sosialisasi tersebut melaporkan bahwamaksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan uji publik rancangan peraturan daerah kabupaten samosir ini adalah, menampung saran, masukan dan tanggapan dari masyarakat sebagai wujud peran serta dalam perumusan dan penyusunan kebijakan demi meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan daerah serta mewujudkan rasa keadilan, kepastian hukum dan kegunaan hukum (kemanfaatan hukum) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir  serta terbentuknya produk hukum dengan muatan materi yang seimbang antara perlindungan terhadap masyarakat dan perlindungan terhadap pemerintah.

Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon  dalam sambutan dan arahanya mengatakan,  Sosialisasi Uji Publik Ranperda sangat penting untuk kita semua dengan maksud untuk mencapai pelaksanaan pembangunan berbasis masyarakat di kabupaten samosir, dibutuhkan aturan main dalam bentuk produk hukum daerah yang memberikan perluasan akses dan peningkatan peran serta masyarakat, dalam menyusun dan memikul tanggung jawab pembangunan dengan muatan materi yang seimbang antara perlindungan terhadap masyarakat dan perlindungan terhadap pemerintah.

Sebelum disahkan menjadi sebuah Perda, Pemerintah melakukan Uji Publik Ranperda bertujuan agar masyarakat dapat memahami isi dari Ranperda tersebut serta memberikan kesempatan kepada seluruh komponen masyarakat untuk memberikan buah pikiran mengenai isi dan materi Ranperda tersebut. Sehingga nantinya Ranperda tersebut jika usai di Uji Publikan di masyarakat dapat di ajukan ke Legislatif Samosir untuk disahkan menjadi Perda dan secara otomatis juga masyarakat Samosir dapat menerima Ranperda tersebut,”Ucapnya.

Ir. Mangindar Simbolon juga menekankan agar para peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan dapat berdialog dengan nara sumber, dalam memberikan pemikiran dan pemahaman yang dapat menghasilkan output yang baik, berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Samosir. (Humas)

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter