Selasa 29 Juli 2014
skpd

5 KONJEN KUNJUNGI OBJEK WISATA SAMOSIR

Samosir, Humas

Lima Konsul Jenderal (Konjen) Negara Sahabat diantaranya Singapore Mr.Mark Low, Belanda Oni Hendra Kusuma, China Yang Ling Zhu, Malasya Mr.Ahmad Rozian Bin Abdul Gani dan Turki, Rollin Maha Putra Rahmat Syah didampingi Asisten Ekonomi Pembangunnan Propinsi Sumatera Utara Ir.Hj R. Sabrina, M.Si mengunjungi Objek Wisata Museum Huta Bolon yang berada di Kecamatan Simanindo, 31/10.

Kunjungan para konsul tersebut untuk percepatan pembangunan ekonomi di Sumatera Utara terutama dalam mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Kunjungan para Konsul tersebut disambut baik Pemerintah Kabupaten Samosir. Bupati Samosir diwakili Sekdakab.Ir.Hatorangan Simarmata langsung menyambut rombongan di Pelabuhan  Museum Huta Bolon.

Sekda memandu para konsul dan rombongan memasuki museum Huta Bolon, tempat disimpanya berbagai barang pusaka orang batak. Beliau menjelaskan berbagai fungsi dari beberapa barang peninggalan  bersejarah tersebut. Selain itu, para tamu juga disuguhi pertunjukan tor-tor budaya batak seperti “Tunggal Panaluan” dan “Sigale-gale”. Pertunjukan tersebut sangat memukau para pengunjung. Dalam kesempatan itu juga, Konjen bersama rombongan dan touris (wisatawan mancanegara) yang berada dilokasi diberi kesempatan untuk “manortor” (menari) bersama dengan mengenakan “Ulos” (alat khas batak untuk menari, sejenis selendang).  

Sekdakab.Samosir, Ir.Hatorangan Simarmata mengatakan Samosir merupakan asal muasal suku batak sehingga kaya akan situs sejarah dan budaya. Selain itu Keindahan alam seperti panorama, iklim dan luasnya Danau Toba  menjadi modal dasar Kabupaten Samosir membuat visi Menjadi Kabupaten Pariwisata. Disamping itu juga, Kabupaten Samosir sangat cocok untuk olahraga wisata tantangan seperti paralayang, xtrail, trooper dan berbagai kegiatan menantang lainnya, hal ini didukung kondisi Samosir yang terdiri dari pegunungan dan lembah. Namun, Hatorangan mengakui dalam mewujudkan visi tersebut pemerintah masih mengalami berbagai keterbatasan, untuk itu beliau mengajak para investor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di Kabupaten Samosir. Sebagai Kabupaten Pariwisata, Samosir terus berupaya membuka akses masuk dan memberikan kemudahan kepada wisatawan, kini wisatawan yang mau berkunjung ke Samosir dapat melalui Tanjung Balai dan Sibolga sebagai pintu masuk. Perjalanan akan lebih dekat dengan waktu 3 jam. Disamping itu diinformasikan bahwa Bandara Silangit pada tanggal 9 Nopember mendatang (berada di Kabupaten Tapanuli Utara) akan melakukan penerbangan perdana dengan rute Silangit-Jakarta-Batam.

Di Samosir akan dibangun sebuah Geopark (Taman Bumi), dimana menurut para ahli geolog bahwa di Samosir terdapat sekitar 35 geosait hasil letusan Gunung Toba ribuan tahun silam. Akan dibangun sebuah Etalase modern, dan didalamnya aka tersedia sebuah film animasi sejarah meletusnya Gunung Toba dan Pembentukan Kabupaten Samosir. Menurut Hatorangan, pembangunan sedang di rancang oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif bersama UNESCO. Diakhir sambutannya, Ir.Hatorangan Simarmata mengajak para konsul ikut serta mempromosikan pariwisata Samosir ke negara masing-masing.

Sementara itu, Konsul Jendral Negara China Yang Ling Zhu mengaku kagum dengan keindahan alam Samosir, “saya sudah lama mendengar nama Samosir, baru pertama ini berkunjung dan ternyata Samosir memiliki panorama yang sangat indah, alam dan iklimnya sangat sejuk dan alami, kunjungan ini memberikan kesan yang sangat dalam pada saya” tambanhya. Diakuinya juga bahwa keindahan alam Samosir tidak kalah dengan Pulau Bali. Ling Zhu berjanji akan menginformasikan potensi yang dimiliki Samosir di negaranya sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Samosir. Kunjungan wisatawan China ke Indonesia sangat pesat hingga mencapai 500.000-an, jadi setengahnya saja ke Samosir pasti akan dapat meningkatkan ekonomi di daerah ini, terangnya. Melihat kondisi di Samosir Ling Zhu mengatakan Samosir sangat cocok bagi para pebisnis untuk berinvestasi.

Turut hadir Kepala Dinas Koperindag Drs. Jasmin Limbong, Kadis Pariwisata Theodora Sihotang, Camat Simanindo Viktor Sidabutar, Kabag Humas Drs.Amon Sormin, Kabag Umum Rudi Siahaan dan Kabag Tapem Nurdin Siahaan. (Humas/Nrow)

 


 

 

 

 

 

SAMOSIR DALAM ANGKA

Aspiring Geopark

HITS

Website counter